Selasa, 14 Mei 2013

Perkembangan Reog Ponorogo



 1. Kesenian Reog Ponorogo
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) Kesenian yang memiliki kata dasar “seni” dan memiliki arti “kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa)”. Sedangkan Reog adalah sebuah kesenian tradisional yang merupakan perpaduan antara tari-tarian dan gerakan akrobatik yang diiringi dengan gamelan sebagai pengatur irama dalam pertunjukan tiap pementasannya. Kesenian Reog berasal dari propinsi Jawa Timur tepatnya kabupaten Ponorogo.

2. Legenda dan Sejarah Reog Ponorogo
Menurut legenda masyarakat Ponorogo kesenian Reog ini menceritakan tentang perjuangan seorang raja yang akan melamar seorang permaisuri namun pada akhirnya sang raja gagal untuk meminang sang putri dan terciptalah pertunjukan yang belum pernah ada sebelumnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2009) legenda adalah sebuah cerita rakyat pada zaman dahulu yang berhubungan dengan peristiwa sejarah.

Sedangkan, menurut sejarahnya awal terciptanya kesenian ini sekitar tahun 1200 masehi oleh seorang patih Bantarangin bernama Raden Klana Wijaya atau biasa disebut Pujonggo Anom adalah sebuah pertunjukan satir yang mana di tujukan untuk seorang raja bernama Raden Klono Sewandono yang terlalu tunduk kepada permaisurinya yang mengakibatkan sang Raja lalai dalam memimpin negerinya.

3. Reog Ponorogo dari Masa kemasa
Makna yang terkandung dalam Pentas seni Reog Ponorogo adalah sebuah pertunjukan satir yang ditujukan bagi seorang raja dimasa kejayaan Majapahit yang terlalu tunduk oleh Permaisurinya, yang diciptakan oleh seorang patihnya. Dengan mementaskan pertunjukan tersebut patih mencoba mengumpulkan masa dan bala tentara untuk menggulingkan pemerintahan yang hampir jatuh untuk kembali mendirikan kerajaan Majapahit yang sebenarnya. Perekrutan masyarakat saat itu untuk dijadikan bala tentara dan dilatih oleh sang patih yang kemudian menjadi seorang Warok.

Warok sendiri selain merupakan prajurit atau orang yang memiliki kekuatan kanuragan, biasanya dijadikan sebagai pemimpin suatu desa pada masa-masa penjajahan. Selain itu tradisi gemblak mulai dihilangkan oleh para Warok sekitar tahun 1980. Tradisi gemblak merupakan sebuah tradisi dimana para Warok menjaga ilmu kanuragannya dengan memelihara anak kecil yang tampan untuk dijadikan teman teman tidurnya.
 Dikarenakan para Warok mendapat pantangan untuk tidak melakukan hubungan dengan wanita atau istrinya. Dikarenakan norma di masyarakat sudah berubah maka tradisi ini digantikan menjadikan para gemblak sebagai anak asuh dari para Warok, mereka disekolahkan dan dirawat seperti anak mereka sendiri. Biasanya para gemblak adalah para penari jathilan atau biasa disebut juga penari kuda kepang. Semenjak saat itu para penari jathilan dapat dimainkan oleh anak perempuan.20

4. Penyebaran Kesenian Reog di Luar Ponorogo
Kesenian Reog tidak hanya Berkembang dan tumbuh hanya di kabupaten Ponorogo saja, Kesenian ini juga berkembang di daerah sekitar Kabupaten Ponorogo seperti Magetan, Madiun, Ngawi, Pacitan, Kediri. Beberapa daerah di provinsi Jawa Tengah ada beberapa kesenian yang hampir mirip dengan Reog Ponorogo hanya saja cerita dan penari yang digunakan berbeda-beda. Seperti di daerah Semarang ada kesenian yang bernama Reog namun kesenian ini tidak menggunakan Singo Barong atau penari Barongan, dan hanya menampilkan Raden Kelono Sewandono dan Pujangga Anom saja.

Selain itu kasus klaim Kesenian Reog oleh pemerintah Malaysia beberapa waktu lalu sebenarnya bukan murni dari pihak Malaysia yang ingin mengambil kesenian asli Ponorogo. Hanya saja ada beberapa masyarakat Ponorogo yang bermigrasi ke Malaysia dan membentuk sebuah komunitas yakni dengan mendirikan perkampungan yang memang didominasi oleh masyarakat Ponorogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar